3.240 Siswa Baru SMAN di Bogor Ikuti Psikotes Serentak

3.240 Siswa Baru SMAN di Bogor Ikuti Psikotes Serentak

Sebanyak 3.240 siswa baru SMA negeri hasil penja­ringan Penerimaan Peserta Didik Baru

(PPDB) online mengikuti psi­kotes di sekolahnya masing-masing.

Humas SMA Negeri 2 Kota Bogor, Wawan, menjelaskan, siswa-siswi baru kelas X yang lolos dalam penja­ringan PPDB 2019 akan mengikuti psikotes dan tes IQ serentak. Ini dilakukan untuk menelusuri minat dan bakat siswa yang nantinya menga­rah pada jurusan yang diambil.

“Hari pertama psikotes bakal di­bimbing guru masing-masing. Se­dangkan hari kedua baru

dilaksana­kan tes penjaringan kemampuan siswa bidang studi, baik matema­tika maupun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau MIPA,” terangnya.

Wawan mengatakan, nantinya ha­sil psikotes maupun tes kemam­puan siswa akan dicocokkan dengan nilai kemampuannya. “Jadi bisa dilihat para siswa itu lebih cocok di jurusan mana, apakah IPA atau IPS,” katanya.

Menurut Wawan, tes yang dilaku­kan penting untuk mengukur aspek individu secara psikis.

Tes ini juga berfungsi mengukur berbagai kemun­gkinan atas kemampuan seseorang secara mental dan faktor yang men­dukungnya. “

Termasuk prestasi dan kemam­puan, kepribadian, gaya belajar, minat dan bakat serta inteligensi,” katanya.

Yang tak kalah penting, lanjut Wa­wan, lewat psikotes ini guru bisa mengetahui kelemahan dan kelebi­han masing-masing siswa. “Ini berguna bagi kami untuk mengi­dentifikasi metode pengembangan untuk meningkatkan potensi siswa serta mengukur kemajuan prestasi siswa secara umum,” tegasnya

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/3XKR6YR