Table of Contents

ANALISIS BIAYA MANFAAT

ANALISIS BIAYA MANFAAT

ANALISIS BIAYA MANFAAT

Analis sefektifitas biaya membandingkan cara-cara yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama guna mendapatkan cara yang paling murah untuk mencapainya. Analisis biaya manfaat mencari nilai danmembandingkan semua biaya dan manfaat, baik pada kelompok perorangan dan social, sebagai akibat intervensialternatif dan mengkontroversikan ke jumlah uang. Misalnya, dengan analis biaya manfaat, anda dapat menghitung manfaat yang diterima program anda untuk tiap rupiah yang dikeluarkan.
Analisis biaya manfaat merupakan metodologi yang banyak diunakan dalam melakukan analisis investasi. Metode ini dapat membantu para pengambilan keputusan dalam menentukan pilihan diantara alternative alokasi sumber-sumber daya yang terbatas tetapi memberikan keuntungan yang tinggi. Sementara analisis penetapan biaya berguna bagi management dan perencanaan, tetapi terdapat juga batasan-batasan:
  1. Keputusan tidak sepenuhnya didasari olehpertimbangan ekonomi. Pertimbangan-pertimbangan politis, teknis, administrative dan logistic seringkali lebih berpengaruh pada pilihan akhir sebuah strategi
  2. Analisis efektifitas biaya
  3. Intervensi seringkali berakibat pada hasil kesehatan positif lainnya
  4. Tidak mungkin mengkuantifikasi manfaat yang tak nyata

Sumber : https://ekonomija.org/