Bukalapak-ITB Bangun Laboratorium Kecerdasan Buatan

Bukalapak-ITB Bangun Laboratorium Kecerdasan Buatan

PEMANFAATAN kecerdasan buatan

(artificial intelligence) dan komputasi awan (cloud computing) di Indonesia yang terus membesar, membuat Bukalapak dan Institut Teknologi Bandung berkolaborasi membangun Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center.

Laboratorium riset itu dibangun tujuan menjadi pusat riset bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia, khususnya di ITB pada bidang kecerdasan buatan dan komputasi awan.

Bukalapak-ITB AI & Cloud Computing Innovation Center ini diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, serta disaksikan oleh Founder and CEO Bukalapak, Achmad Zaky dan Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof Kadarsah Suryadi di Aula Barat ITB, Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/2).

“Bukalapak merupakan unicorn pertama yang mendirikan Innovation Center

untuk riset dan pengembangan oleh mahasiswa. Tantangan bagi kami saat ini adalah bagaimana mencari talenta teknologi di bidang AI yang dapat berkontribusi untuk Indonesia. Bukalapak bekerja sama dengan ITB membangun sebuah laboratorium riset AI pertama di Indonesia yang dapat memberdayakan talenta lokal untuk mengembangkan kapasitasnya di tanah air.” kata Zaky.

Zaky menambahkan, AI menjadi teknologi yang berkaitan erat

dengan revolusi industri 4.0.

Baca juga : Traveloka Buka Pusat R&D di India

Bukalapak dan ITB menaruh perhatian yang sangat tinggi terhadap kemajuan industri 4.0, karena AI memiliki peran yang cukup signifikan untuk perkembangan industri dan kegiatan operasional perusahaan di masa mendatang.

 

Baca Juga :