Table of Contents

Contoh cara kerja DNS

Contoh cara kerja DNS

Berikut saya berikan contoh cara kerja DNS;
Misalnya sobat adalah si Udin dan sobat adalah karyawan sebuah perusahaan bernama PT. sandhijaya yang memiliki computer yang terkoneksi dengan jaringan computer PT.Sandhi Jaya (dimana setiap computer pasti memiliki nama). Misalnya nama computer (host) sobat adalah Udin.sandhijaya.com dengan IP addres 192.168.22.25.
Ketika sobat ingin membaca suatu artikel yang menarik mengenai “tips dasyat merespon kecepatan kemajuan iptek”, di alamat http://www.sandhi-oke.co.cc/, tentunya sobat akan menuliskan www.sandhi-oke.co.cc di kolom URL computer sobat. Ini artinya sobat sedang merequest suatu alamat, yaitu www.sandhi-oke.co.cc dari host/computer sobat (udin.sandhijaya.com – 192.168.22.25), selanjutnya maka host sobat akan mengontak name server lokal (server1.sandhijaya.com) untuk menanyakan dimanakah www.sandhi-oke.co.cc berada.
Name server PT.Sandhi Jaya (server1.sandhijaya.com) akan mencari request tersebut di database lokal. Karena tidak ada, maka name server akan mengontak root DNS servernya, siapa yang memegang domain untuk .co.cc
Selanjutnya DNS server lokal akan mengontak root server DNS yang mengelola www.sandhi-oke.co.cc. Kemudian root DNS server tersebut akan memberitahu IP address dari www.sandhi-oke.co.cc. baru kemudian host sandhijaya akan merequest www.sandhi-oke.co.cc dengan IP address tersebut.
Setelah proses tersebut barulah web/situs www.sandhi-oke.co.cc akan terbuka dan sobat membaca berbagai macam artikel menarik “tips dasyat merespon kecepatan kemajuan iptek” yang ada di dalam web tersebut.
DNS server lokal artinya sobat berada di dalam suatu jaringan besar (perusahaan), biasanya disediakan oleh vendor/Internet Service Provider (ISP).

Jelas bukan penjelasan mengenai DNS ?! Selanjutnya pertanyaan yang perlu dijawab adalah mengapa Google mengeluarkan produk “Google Publik DNS”?

Sobat sebagaimana yang kita ketahui, google adalah perusahaan besar di bidang teknologi informasi khususnya bidang internet. Aplikasi pencarinya hingga kini masih menjadi aplikasi pencari nomor satu dan paling banyak digunakan didunia. Belum lagi layanan aplikasi emailnya yang disebut Gmail merupakan layanan e-mail dengan tampilan lebih maju dari e-mail berbasis web sebelumnya. Kemudian aplikasi Google Analytics nya menyajikan layanan statistik gratis bagi pengelola situs dengan kelengkapan statistik yang belum pernah ada sebelumnya. Sampai ke Google Wave, aplikasi kolaborasi antarpengguna yang dapat menukarkan berbagai media yang kaya, mulai dari teks hingga video, tidak ada bandingannya hingga saat ini. Selanjutnya kini google meluncurkan Google Public DNS (Domain Name System). Seperti halnya produk-produknya yang lain, banyak pengguna internet yang menyambut dengan antusias layanan baru ini.

Google Public DNS (Domain Name System) tidak lain adalah menggantikan peranan DNS server yang disediakan oleh vendor/operator anda berlangganan koneksi internet. Keunggulannya Google menyatakan, DNS server miliknya memungkinkan mengakses internet lebih cepat dan menjamin protokol DNS-nya lebih aman serta hasil yang lebih valid.

Kecepatan : DNS pada umumnya sering terjadi terjadi miss cache pada sisi client, inilah salah satu yang menyebabkan respon yang lambat dalam browsing. Hal ini diatasi oleh Google Public DNS, dengan menggunakan teknik “clever caching” akan membantu meningkatkan kecepatan respon browser.
Keamanan : DNS memiliki ancaman terhadap spoofing attacks yang dapat menginfeksi cache nama server dan bisa meroute semua user melalui malicious website. Atas`dasar itu untuk lebih meningkatkan keamanan cache, Google Public DNS mampu menjadikan ancaman yang dilakukan oleh penyerang dalam melakukan spoofing terhadap valid responses sulit dilakukan, yaitu dengan mengacak nama query dan memberikan data tambahan pada pesan DNS.
Validity: Google Public DNS bersama dengan DNS standards akan memberikan user respon yang tepat sesuai dengan yang diinginkan tanpa adanya blocking, filtering, or redirection yang menghalangi kenyamana user dalam browsing.
Semoga bermanfaat

Sumber : https://fascinasiansblog.com/