Install MongoDB dengan Xampp di Ubuntu

Install MongoDB dengan Xampp di Ubuntu

 

Mau curhat sedikit hasil coba-coba instalasi MongoDB

di Ubuntu 10.10 ane tapi inginnya bisa langsung integrasi dengan xampp. Sempet muter-muter internet sampe bingung gimana cara install MongoDB ini. Banyak contoh tapi ga ada yang pas, entah memang ga cocok atau otak yang lagi bebel, maklum lagi di kejar2 skripsi jadi suka ga sinkron.. :nohope
Beruntung ketemu sama situs ini, klop banget sama yang dimaksud tapi sayang bahasanya dewa, hehe.. Di situs lain caranya berbeda-beda, ada yang mulai dari install php stand-alone, trus install pecl, duh ribet.. Tapi intinya sih ikutin langkah-langkah dari situs ini.
Ga mau ambil pusing, akhirnya ane lebih pilih pake xampp aja. Kebetulan sudah pernah install xampp biasa. Caranya sih gampang ajah, banyak koq tutorialnya. Nah, bedanya disini kita butuh yang versi development dari xampp, gunanya apa masih blum tahu tapi sepertinya ada sangkut pautnya sama PHP API plus Zend Module API.. cmiiw

Oia, yang belum tahu apa itu MongoDB bisa meluncur ke situs resminya di

http://www.mongodb.org/

Oke, mulai langsung install aja gan. Step pertama install dulu xampp versi development seperti yang sudah kita bahas di awal. Caranya sama seperti install xampp biasa, yang buat linux loh gan jangan yang lain. Download dari situs resmi xampp, atau pakai link ini. Ini versi 1.7.4, tapi jangan lupa untuk install xampp versi biasa terlebih dahulu, ok.. Sintaks buat extract setelah download nih gan :
Lanjut, install MongoDB. Cara paling mudah pakai apt-get atau synaptic package manager dan tentunya harus ada koneksi internet. Anggaplah kita sudah sedia koneksi internet. Hari gini gan belom konek internet, hehehe just kidding.. :p
Untuk install MongoDB lewat synaptic bisa search dengan keyword mongodb lalu mark mongodb-10gen. Package ini yang nantinya akan terinstall di Ubuntu agan.
Trus gimana caranya install lewat terminal gan? Ane mah ga biasa yang GUI..

Caranya ya sama seperti install package biasa. Perintahnya gan :

Asumsi sampai sini sudah terinstall MongoDB di ubuntu agan-agan sekalian. Kalau ada masalah ya silahkan comment disini supaya bisa kita cari sama2 solusinya, atau mau coba cari sendiri juga boleh..

Selanjutnya kita koneksikan xampp dengan MongoDB dengan menggunakan driver PHP MongoDB. Ga lucu kan kalo udah install MongoDB tapi ga bisa dipake di web buatan kita, hoho..
Tutorial resminya ada disini kalau agan minat dengan cara sendiri, tapi buat ane sih malah jadi bingung karena disitu justru disuruh install pecl sedangkan xampp sudah punya pecl paketan dalam instalasinya dan lagi langkah-langkahnya ga lengkap, malah jadi keblinger sendiri, akhirnya ane memutuskan untuk coba cara manual build driver dari sourcenya..
Sebelumnya atur dulu PATH, ini gunanya biar kita ga ribet waktu instalasi. Tapi ada juga yang menambahkan setting untuk LD_LIBRARY_PATH, tapi waktu ane coba dengan cara setting LD_LIBRARY_PATH justru banyak program yang error. Sempet cari-cari kenapa dan ketemu sama salah satu situs yang punya statemen kalau modifikasi LD_LIBRARY_PATH itu agak-agak harmful, karena banyak dinamic library yang mesti kita link ulang supaya bisa jalan sesuai dengan fungsinya, betul ga ya??? setidaknya sampe situ pemahaman saya, cmiiw..
Untuk set path tinggal tambah baris dibawah ini ke /etc/bash.bashrc,

 

Balik lagi ke driver. Link untuk download drivernya :

https://github.com/mongodb/mongo-php-driver/downloads
Kalau sudah download, lalu extraxt dimana saja terserah agan deh. Setelah itu masuk ke direktori hasil extract, trus ketik perintah ini :

 

Sampe sini mudah-mudahan lancar di kompi agan-agan, seperti biasa kalau ada error post aja kesini sebisa mungkin ane bantu..
Nah, jangan buru-buru ditutup terminalnya, coba perhatikan dulu ada atau tidak baris :

/opt/lampp/lib/php/extensions/no-debug-non-zts-/mongo.so

 

Jangan bingung sama gan, itu cuma id hasil generate github waktu agan download drivernya. Cek aja tuh mongo.soudah ada di tkp atau belum. Kalau sudah berarti building driver sukses.
Langkah selanjutnya aktifkan module mongo.so di php.ini. Buka php.ini di /opt/lampp/etc/php.ini lalu tambahkan baris ini :
Langkah terakhir restart xampp, dan MongoDB plus driver sudah terinstall di ubuntu kesayangan agan ditambah koneksi ke xampp. Untuk test terakhir ane pake software management MongoDB berbasis web, Phpmoadmin, situsnya