Table of Contents

PENGERTIAN KAB

PENGERTIAN KAB

Yang menjadi fokus perhatian KAB :
Proses komunikasi (interaksi) antara individu-individu atau kelompok-kelompok yang berbeda kebudayaan.

KAITAN KOMUNIKASI DAN BUDAYA
Unsur-unsur pokok yang mendasari proses KAB terdiri dari 2 istilah (konsep) yaitu konsep Komunikasi dan konsep Budaya. Dengan demikian maka hubungan antara komunikasi & budaya dapat diibaratkan seperti sekeping mata uang logam, artinya jika sekeping mata uang logam dilempar maka yang akan tampak kalau tidak gambar atau angka. Demikian juga KAB, kalau tidak budaya mempengaruhi komunikasi atau komunikasi mempengaruhi budaya. Jadi antara komunikasi dan budaya tidak bisa dipisahkan, saling mempengaruhi (mempunyai hubungan timbal balik).

Hubungan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
Komunikasi –> Budaya, artinya : melalui komunikasi kita membentuk  kebudayaan
Budaya –> Komunikasi, artinya : kebudayaan menentukan aturan & pola-pola komunikasi. Keseluruhan perilaku komunikasi individu     terutama tergantung pada kebudayaannya.

Penjelasan lebih lanjut sbb :
Komunikasi –> Budaya, artinya :
Jika bukan karena kemampuan manusia untuk berkomunikasi (menciptakan bahasa simbolik) tidak dapat dikembangkan pengetahuan, makna, simbol, nilai-nilai, aturan dan tata upacara yang memberikan batasan dan bentuk pada hubungan-hubungan.
Melalui komunikasi kita dapat mewariskan unsur-unsur kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya serta dari satu tempat ke tempat lain.

Budaya –> Komunikasi, artinya :
Komunikasi merupakan sarana yang dapat menjadikan individu sadar akan dan menyesuaikan diri dengan subbudaya-subbudaya atau kebudayaan asing yang dihadapinya.

Kesimpulan :
Jadi kebudayaan dirumuskan, dibentuk, ditransmisikan dan dipelajari melalui komunikasi.

Sumber : https://anchorstates.net/