Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya

101 Pengertian Sumber daya Menurut Para Ahli Beserta Macam-Macamnya Lengkap- Sumber daya adalah potensi nilai materi atau unsur-unsur dalam kehidupan tertentu. Sumber itu tidak selalu fisik, tetapi juga non-fisik (intangible).

Tidak ada sumber daya yang dapat berubah baik menjadi lebih besar atau hilang, dan ada juga sumber daya yang kekal. Selain itu, sumber daya yang dapat dipulihkan atau terbarukan (renewable resources) dan sumber daya tak terbarukan (non-renewable resources). Dapat memulihkan sumber daya termasuk tanaman dan hewan (sumber daya hayati).

Macam-Macam Sumber Daya Menurut Para Ahli

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua hadir di alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Menurut Suryanegara (1977)
Sumber daya alam adalah unsur – unsur lingkungan alam, baik kebutuhan fisik dan biologis manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

Menurut Katili (1983)

Sumber daya alam adalah semua unsur potensi perencanaan aktual atau lingkungan biofisik untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Menurut Ireland (1974) dalam soerianegara, (1977)
Sumber Daya Alam adalah keadaan lingkungan alam yang memiliki nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Menurut Isard (1972 dalam Soerianegara, 1977)

Sumber daya alam sebagai keadaan lingkungan dan bahan baku yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sumber Daya Manusia

Untuk manusia serta barang-barang konsumsi dan jasa juga merupakan sumber daya yang membawa manfaat besar bagi masyarakat jika kemampuannya untuk dimanfaatkan sepenuhnya karena manusia sebagai makhluk Allah yang diberikan keuntungan dari kecerdasan dan hati nurani.

Sonny Sumarsono (2003, h 4)

Sumber Daya Manusia atau SDM mengandung dua makna. Pertama, adalah usaha kerja atau layanan yang dapat diberikan dalam proses produksi.

Mary Parker Follett

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan sendiri.

M.T.E. Hariandja (2002, h 2)

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah perusahaan di samping faktor-faktor lain seperti modal.

Mathis dan Jackson (2006, h.3)

Sumber daya manusia adalah desain sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Hasibuan (2003, h 244)

Sumber Daya Manusia adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik individu.

Sumber Daya Modal

Modal adalah semua yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Modal dapat meliputi uang, teknologi, peralatan, mesin, tanah, informasi, dan sebagainya.

SumberĀ  : https://pensil.co.id/