Soal Ujian Nasional Tahun Mendatang akan Didominasi HOTS

Soal Ujian Nasional Tahun Mendatang akan Didominasi HOTS

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

(Kemendikbud), Totok Suprayitno menyatakan bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan akan didominasi jumlah soal jenis higher order thinking skills (HOTS). Peningkatan kualitas UN juga turut ditingkatkan dengan target 100% berbasis komputer.

“Penambahan soal HOTS mempertimbangkan hasil evaluasi tahun ini yang mengalami peningkatan. Nilai hasil UN akan dianalisis untuk mendiagnosis topik-topik yang harus diperbaiki di setiap sekolah pada setiap mata pelajaran,” ujar Totok di Kantor Kemendikud Jakarta, Rabu (8/5/19) seperti dilansir dari Pikiranrakyat.online.

Hasil analisis UN akan didistribusikan ke setiap Dinas Pendidikan (Disdik)

agar ditindaklanjuti dengan program peningkatan mutu pembelajaran.

Sementara itu, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi mengatakan, selain penambahan soal HOTS, pelaksanaan UN mendatang juga akan lebih efektif dan efisien dari segi waktu.

“Terlebih dari sisi energi, pikiran, dan biaya. Pasalnya, UN diselenggarakan 100%

berbasis komputer. BSNP sudah mengkaji bahwa terdapat korelasi yang kuat antara integritas pelaksanaan UNBK dengan kualitas pembelajaran,” katanya.

Penambahan soal jenis HOTS, lanjutnya, diharapkan bisa meningkatkan capaian akademik serta integritas siswa dan sekolah.

Hal tersebut diperkuat pendapat Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Sri Renani Pantjastuti. Menurut Sri, hasil analisis UN menjadi salah satu landasan untuk peningkatan kompetensi pembelajaran.

“Ditjen GTK telah menyiapkan banyak modul pembelajaran untuk diterapkan tahun depan. Kelemahan dan kekurangan bisa dibahas bersama musyawarah guru mata pelajaran masing-masing,” tambahnya.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/