Studi Tour Guru SMP 2 Ambon Besar Manfaatnya

Studi Tour Guru SMP 2 Ambon Besar Manfaatnya

Pelaksanaan Studi Tour Guru SMP Negeri 2 Ambon ke Negara Malaysia selama 6 hari

pada Bulan Desember 2015 lalu ada manfaatnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Ambon, La Siteny M.Pd di ruang kerjanya, Selasa (19/1) mengatakan pendidikan disana berbeda dengan pendidikan di Indonesia, dimana pendidikan untuk SMP disana hanya berjalan selama dua tahun dan SMA hanya 2 tahun setengah.

Dengan demikian, menurut La Siteny, pendidikan dasar SMP dan SMA hanya 4 Tahun setengah di Malaysia .

“Walaupun hanya selama 4 tahun lebih bersekolah pada tingkatan SMP dan SMA

, tetapi jam bersekolah sangat ful yang dimana dimulai dari pagi sampai dengan sore. Berbeda dengan yang terjadi di Indonesia, hanya enam jam,” ungkapnya.

Selain pendidikan adapula perbedaan lingkungan sekolah-sekolah di Malaysia dengan Indonesia khususnya Maluku sangat berbeda, yang mana lingkungan disana amat bagus dan bersih.

Ia menambahkan, masyarakat di sana taat terhadap aturan sehingga negaranya lebih baik d

an lebih maju serta berkualitas.

Sementara terkait dengan para guru disana, menurut La Siteny, guru di negara Jiran tersebut sangatlah disiplin, karena ditunjang dengan dasar gaji yang sangat tinggi dengan pengalaman yang didapat tersebut.

Dia sangat berharap agar apa yang didapat disana bisa ditiru sesuai dengan kondisi di Ambon. Untuk itu yang akan ditindaklanjuti nantinya dimana akan meningkatkan mutu pendidikan yang akan dilatarbelakangi oleh disiplin Guru dan sarana dan prasarana.

Sedangkan untuk kebersihan menurutnya tergantung pada para guru di sekolah, yang mana tanpa disuruh harus sudah mengetahui kalau yang kotor harus dibersihkan tanpa harus disuruh, bukan saja pekerjaan cleaning servis dan semua itu datang dari kesadaran masing-masing.

 

Baca Juga :