Puncak Hardiknas 2016, Dharmasraya Juara Kedua Pengelolaan Pendidikan di Sumatera Barat

Puncak Hardiknas 2016, Dharmasraya Juara Kedua Pengelolaan Pendidikan di Sumatera Barat

DHARMASRAYA— Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan bertindak

selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016 yang digelar di halaman kantor Bupati Dharmasraya, Senin (02/05/2016).

Dalam amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan, Ph.D, yang dibacakan Wabup H. Amrizal Dt. Rajo Medan, disampiakannya bahwa untuk menjawab tantangan di abad 21 ini, generasi muda harus memiliki keterampilan utuh yang mencakup tiga komponen. Yakni kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

Menurut Wabup, komponen kartakter terdiri atas dua bagian, yakni karakter moral

dan karakter kinerja. Adapun Karakter moral itu antara lain, nilai pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa belas kasih, dan sopan santun.

Sedangkan yang termasuk ke dalam karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. “kita ingin anak-anak kita menumbuhkan kedua bagian karakter iniu secara seimbang. Kita tak ingin anak-anak kita menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat,” ujar Wabup.

Komponen kedua yang harus dimiliki oleh genarasi muda adalah literasi dasar. Dimana literasi

dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Bila kita selama ini hanya fokus kepada literasi baca tulis dan berhitung, sekarang kita juga harus memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya,’’ tutur Wabup.

Adapun komponen kompetensi menuntut anak-anak kita untuk mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. “Mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi,” pungkas Wabup.

Tampak hadir pula dalam upacara tersebut Forkopimda Dharmasraya, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Veby Amrizal, dan organisasi wanita lainnya

 

Baca Juga :